Selasa, 17 Februari 2009

Belajar Renang bagi Pemula II oleh Krisna Kartika Sari pada 03-09-2008

Ini adalah tips renang bagi pemula lanjutan dari edisi pekan lalu. Kali ini pengampu Puslitbang POK UNS, Islahuzzaman akan memberikan tips kepada kita bagaimana belajar meluncur. Semua gaya berenang didasarkan pada prinsip meluncur di permukaan air.
Untuk memulai latihan ini, mintalah bantuan teman. Apabila ada teman yang juga belajar meluncur maka ajaklah dia untuk bertanding. Untuk percobaan meluncur pertama kali mintalah bantuan teman untuk berdiri 4 meter dari tepi menghadapmu, dengan kedua tangan menjulur ke depan.
Berdirilah dengan punggung menghadap dinding (sisi kolam) dan merapatlah (Gambar 1). Turunkanlah bahumu ke dalam air sehingga hanya kepala saja yang tetap di atas permukaan air. Sekarang angkatlah satu kaki, menekan dinding dan kaki untuk mendorong tubuh (Gambar 2).
Tarik napas dan masukkan kepala ke dalam air. Saat wajahmu di dalam air itu cobalah tekanlah kaki yang tadi sudah diangkat, dan coba angkat kaki satunya sehingga kedua kaki lurus ke belakang dan kedua lengan lurus ke depan.
Nanti akan terasa oleh bagaimana tubuh teregang di permukaan air saat meluncur dan jangan melakukan suatu gerakan apapun ketika kedua lengan tubuh dan kedua tungkai lurus. Biarkan meluncur di atas permukaan air menuju teman yang sudah bersiap. (Krisna Kartika Sari)

Tidak ada komentar: